Sistem Manajemen PT. BLUE BIRD
PT. Blue Bird merupakan sebuah perusahaan transportasi asal Indonesia. Perusahaan ini awal mulanya bernama Chandra Taxi. Yang merupakan taksi tanpa meteran sekitar tahun 1965. Selanjutnya pada tahun 1972 didirikanlah perusahaan Blue Bird Group yang bertempat di Jakarta. Perusahaan ini melayani jasa transportasi dan pariwisata. Kini perusahaan ini telah berkembang dengan pesat dan juga mengikuti perkembangan teknologi. Dengan mengeluarkan sebuah aplikasi berbasis android dan ios yang bernama my blue bird yang berguna untuk melakukan reservasi taksi secara online.
Beberapa tahun terakhir blue bird sudah menggunakan teknologi GPS (Global Positioning System). Selain untuk melacak posisi taksi juga sebagai sarana berkomunikasi antara armada taksi dengan call center. Blue bird telah berhasil mengimplementasikan solusi Business Intelligent (BI), yakni SAP NetWeaver Business Intelligent (SAP NetWeaver BI), yang dapat mengolah data mentah menjadi informasi pendukung pengambilan keputusan perusahaan. Aplikasi Business Intelligent diperlukan perusahaan untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan menyediakan akses ke data guna membantu mengambil keputusan bisnis secara akurat.
Blue Bird Group mengimplementasikan SAP Netweaver BI untuk modul-modul financial Accounting (FI), Controlling (CO), CO Profitabillity Analysis (CO PA), Plant Maintenance (PM), dan modul yang dirancang khusus yang dinamakan “Taximeter System” dari legacy VB sistem perusahaan.
Blue Bird Group merintis penggunaan MDT (Mobile Data Transfer) dan GPS sebagai instrument pelengkap di taksinya. MDT mirip seperti pager, dimana setiap informasi yang terkait dengan pengemudi akan tampil di layarnya. MDT juga merupakan alat penangkap order dalam radius 3-4 km untuk setiap order yang dilelang via data computer, sehingga tidak ada istilah pengemudi berebut order atau spekulasi posisi taksi yang terlalu jauh dari tempat jemput konsumen.
Banyak manfaat yang diperoleh dalam penggunaan sistem informasi manajemen terutama dalam penggunaan tekneloginya seperti :
1. mempermudah operator dalam menentukan posisi konsumen dan armada mana yang dapat menjangkaunya
2. mempermudah order konsumen sehingga mengurangi antrean pemesanan sehingga pelayanan lebih cepat
3. penumpang merasa lebih aman dan terlindungi karena Blue Bird menggunakan GPS
4. taksi voucher memberikan keefektifan dalam penggunaan uang tunai dan juga untuk menghemat waktu yang berharga pada saat masuk dan keluar kendaraan
Tantangan yang dihadapi Blue Bird Group dalam mengembangkan sistem informasi manajemen nya adalah :
1. mahalnya harga GPS, sehingga Blue Bird masih menyediakan 50% lebih taksi yang menggunakan GPS.
2. dalam pengoperasian sistem manajemen ini, dibutuhkan jaringan operator yang baik
3. membutuhkan koneksi internet karena menggunakan bantuan sinyal satelit
4. dibutuhkan tenaga kerja yang mampu mengoperasikan GPS, komputer, serta software serta yang paling penting adalah pengemudi yang baik dan jujur.
5. dibutuhkan perawatan untuk teknologi yang digunakan
Visi
Menjadi Perusahaan yang mampu bertahan dan mengedepankan kualitas untuk memastikan kesejahteraan yang berkelanjutan bagi para stakeholder.
Misi
Tujuan kita adalah tercapainya kepuasan pelanggan, dan mengembangkan serta mempertahankan diri sebagai pemimpin pasar di setiap kategori yang kita masuki. Dalam transportasi darat, kita menyediakan layanan yang handal, dan berkualitas tinggi dengan penggunaan sumber daya yang efisien dan kita melakukannya sebagai satu tim yang utuh.
Struktur Organisasi
Sumber :
http://widhimp.blogspot.com/2016/10/visi-misi-struktur-organisasi-dan-sop.html
http://wisnufjr212.blogspot.co.id/2017/04/sistem-informasi-manajemen-pt-blue-bird.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Blue_Bird_Group
Opmerkings
Plaas 'n opmerking